Press "Enter" to skip to content

Nutrisi pada Buah dan Sayuran Lokal lebih Tinggi Dibanding Produk Impor

Comments

Meski produk pangan impor juga merajalela di Indonesia, akan tetapi berbagai macam sayuran dan buah-buahan  yang tumbuh di atas tanah ibu pertiwi dinilai memiliki kandungan gizi yang lebih sehat daripada produk impor. Dengan banyaknya produk impor Para petani lokal pun hanya bisa gigit jari,

Sayuran dan buah-buahan lokal lebih segar karena langsung didistribusikan setelah dipanen dari kebun petani tanpa  proses pengawetan.

Produk dari luar harus diawetkan dulu, ada proses bioteknologi, jadi sayuran atau buahnya tetap segar walau perjalanan jauh. Padahal makanan itu tidak didesain untuk perjalanan panjang,” kata Ketua Agritektur, Robbi Zidna Ilman di Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Menurut Robbi, nutrisi yang dihasilkan dari sayuran dan buah-buahan lokal juga bisa lebih baik dibanding produk impor. Sebab, terkadang bahan pangan impor dipanen sebelum waktunya agar tidak mengalami pembusukan ketika sampai di pasaran Indonesia.

Sedangkan Kalau lokal, meskipun bukan bahan pangan organik, memiliki rasa yang lebih baik dan nutrisi lebih tinggi karena dipanen saat benar-benar matang. Bahan pangan juga dijual segar setelah dipanen.

Manfaat untuk kesehatan, makanan yang berasal dari bahan-bahan lokal juga dapat berkontribusi bagi lingkungan. Semakin jauh jarak yang ditempuh bahan pangan sebelum diterima konsumen, maka makin banyak energi terbuang. Distribusi bahan pangan menyumbang emisi karbon di bumi.

Saat menggelar “Eat Local” dari pihak Komunitas Agritektur asal Bandung, Jawa Barat ,  mendukung produk pangan lokal dari para petani. Dalam kegiatan ini, Agritektur mengundang petani lokal untuk menjual langsung hasil panen mereka di Parappa atau Pasar Patani. Salah satunya adalah Asep Kurnia, petani asal Desa Ciburial, Bandung.

Mengonsumsi pangan lokal terutama buah dan sayuran asli Indonesia, tak hanya mendapat nutrisi yang lebih tinggi, tetapi juga dapat membantu mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes, kanker, stroke atau pun sakit jantung.