Presiden Jokowi Harus Panggil Wakapolri dan Kabareskrim

Penangkapan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto yang dilakukan oleh Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Kepolisian RI menimbulkan sejumlah pertanyaan, karena dilakukan pada saat KPK tengah memproses sangkaan hukum kepada calon Kapolri Komjen Budi Gunawan.

Partai Demokrat pun mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Budi Gunawan dan Kabareskrim Inpektur Jenderal Budi Waseso.

“Partai Demokrat mendesak Presiden Jokowi segera memanggil Wakapolri dan Kabareskrim untuk menjelaskan penangkapan terhadap Bambang Widjajanto,” kata Ketua Departemen Hak Asasi Manusia Partai Demokrat Rachland Nashidik melalui keterangan tertulis, Jumat (23/1/2015).

Wakapolri dan Kabareskrim harus menjelaskan alasan penangkapan itu yang dilakukan pada saat KPK sedang memproses sangkaan hukum kepada calon Kapolri Komjen Budi Gunawan.

“Presiden tidak boleh menjadi faktor penyebab krisis politik dengan diam dan berpangku tangan lebih lama,” kata Rachland.

Partai Demokrat meminta semua pihak untuk menahan diri, mengedepankan akal sehat, dan memberi kesempatan kepada Presiden Jokowi untuk bertindak menyelesaikan perkara ini.