Anjurkan Anak Makan Siang Sayuran Sesudah Bermain

Anak-anak seringkali sulit makan sayuran dan buah-buahan. Padahal, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral dan serat  yang menyehatkan.

Berdasarkan penelitian dari Amerika Serikat, anak-anak yang diberikan waktu bermain sebelum istirahat makan siang akan makan dua kali lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Sedangkan anak-anak yang makan siang terlebih dahulu akan teburu-buru menghabiskan makan siang agar bisa segera pergi bermain.

Peneliti Amerika Serikat  mengungkapkan bahwa waktu istirahat dapat memengaruhi tingkat konsumsi sayuran dan buah-buahan pada anak di sekolah.

Penelitian yang  melibatkan tujuh sekolah di Orem, Utah pada siswa kelas 1 hingga 6 yang berusia antara 6-12 tahun. Dalam penelitian ini, tiga sekolah memberikan waktu istirahat sebelum makanan siang dan empat sekolah  setelah makan siang selama 13 hari.

Dengan Menghasilkan  54 persen anak-anak lebih banyak makan buah-buahan dan sayuran jika sebelum makan siang diberikan waktu bermain. Sebanyak 45 persen anak-anak pun porsi makannya bertambah.

Peneliti mengukur berapa banyaknya buah-buahan dan sayuran yang terbuang. Peneliti berdiri di samping tempat sampah di masing-masing sekolah dan mencatat jumlah porsi buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap siswa maupun yang dibuang.

Anak-anak yang makan siang terlebih dahulu kemudian pergi bermain akan mudah merasa lapar. Saat masuk kelas, mereka pun menjadi sulit berkonsentrasi karena lapar. Akibatnya, anak-anak juga akan banyak makan cemilan sepulang sekolah.

Berdasarkan studi tahun 2008 Journal of School Health. Makan buah dan sayuran juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker. Tak hanya baik untuk kesehatan, anak-anak yang banyak makan buah dan sayur akan lebih unggul nilai akademiknya di sekolah dibanding yang tidak makan sayur dan buah.