Penggerebekan Arena Sabung Ayam yang Beromset Ratusan Juta Rupiah

Telah terjadi penggerebekan arena sabung ayam yang beromset ratusan juta rupiah oleh Petugas Satpol PP Kota Semarang. Karena besar dan akses jalan sempit, pembongkaran tidak selesai dalam satu hari dan akan dilanjutkan hari Selasa (20/1) besok.

Lokasi sabung ayam tersebut terletak di tengah perkampungan di Jalan Srinindito Baru, Kelurahan Ngemplak Simongan, Kecamatan Semarang Barat. Tempat itu tertutup dinding seng beratap tenda dan harus masuk ke gang kecil jika ingin mencapainya.

Dari pintu masuk ada ruangan kecil yang digunakan untuk menjual tiket. Ruangan berikutnya adalah ruangan seluas sekitar 300 m2 dengan arena berbentuk lingkaran dikelilingi kursi-kursi bernomor.

Ada bangunan kantin di sisi kiri dan kandang besar di sisi kanan. Saat pembongkaran juga ditemukan beberapa buku berisi daftar taruhan. Bahkan ditemukan kertas pengikat uang bertuliskan Rp 10.000.000.

Kepala Kententraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Semarang, Kusnandir mengatakan pembongkaran yang dilakukan oleh 120 anggotanya itu merupakan tindak lanjut penggerebekan dari pihak Polrestabes Semarang dan Polda Jateng yang dilakukan hari Minggu (18/1) kemarin.

“Kita menindaklanjuti hasil dari kepolisian tentang adanya sabung ayam. Pembongkaran akan lanjutkan kemudian hari.” kata Kusnandir di lokasi sabung ayam, Senin (19/1/2014).

Tutur seorang Ketua RT setempat, Purwanto mengatakan praktik sabung ayam di sana sudah ada sejak sekitar 5 tahun lalu. Pihaknya mengaku tidak punya wewenang melakukan penindakan. Meski demikian sabung ayam beromzet jutaan rupiah itu sempat vakum setelah ditindak pihak berwajib beberapa bulan lalu.