Biaya Pernikahan Mahal Tak Jamin Keutuhan Rumah Tangga

Mengapa biaya pesta pernikahan dapat mempengaruhi risiko perceraian? Para peneliti mengungkapkan, alasannya cukup sederhana. Pasangan yang merogoh kantong dalam-dalam untuk menghelat pesta pernikahan yang megah akan cenderung berutang  serta akan menaikkan tingkat stres pada pernikahan sehingga rentang dengan perceraian.

Banyak calon pengantin menginginkan pesta pernikahan yang megah dan mewah. Namun, apakah pesta seperti itu menjamin keharmonisan hubungan pernikahan Anda?

Studi menunjukkan, pesta pernikahan yang digelar berkaitan dengan lamanya hubungan pernikahan dengan pasangan anda. Penelitian dilakukan oleh Dua orang profesor ekonomi dari Emory University, Hugo Mialon dan Andrew Francis,

Mialon dan Francis melakukan survei terhadap rentang waktu dan biaya pernikahan 3.000 orang responden. “Kami menemukan bukti bahwa durasi pernikahan berbanding terbalik dengan biaya yang dikeluarkan untuk cincin pertunangan dan pesta pernikahan.

Pernikahan di Amerika Serikat rata-rata  memakan biaya mencapai 30.000 dollar AS atau setara sekitar Rp 350 juta. Namun, Mialon dan Francis berpandangan, Anda sebaiknya mengontrol biaya pernikahan Anda.

Studi kasus kepada wanita, risiko perceraian diasosiasikan dengan biaya pernikahan mencapai lebih dari 20.000 dollar AS (setara sekitar Rp 223 juta), 3,5 kali lebih tinggi risikonya ketimbang mereka yang mengeluarkan biaya pernikahan antara 5.000 hingga 10.000 dollar AS (setara sekitar Rp 58 juta hingga Rp 116 juta),” tulis Mialon dan Francis dalam laporan penelitiaannya.

Sedangkan biaya cincin pernikahan yang cenderung tinggi pun dapat meningkatkan risiko perceraian. Menurut para peneliti, biaya yang dirogoh antara 2.000 hingga 4.000 dollar AS atau setara sekitar Rp 23 juta hingga Rp 46 juta secara signifikan dikaitkan dengan risiko perceraian.

Seharunya biaya pernikahan janganlah mahal-mahal, karena sangat rentan jika biaya tersebut didapatkan dengan cara menghutang. Dengan biaya yang secukupnya yang penting pernikahn bisa digelar sebahagia mungkin.