Gerhana Matahari Total di Belitung Menjadi Wisata Manca Negara

Fenomena langka Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi 9 Maret 2016 membuat beberapa kota yang akan dilintasi bersiap-siap membangun diri.

Momen  Gerhana Matahari Total tersebut berpotensi menjadi momen pariwisata yang diincar para wisatawan mancanegara. Kota Belitung salah satunya, kota ini mulai bebenah diri mempersiapkan momen Gerhana Matahari .

Gerhana Matahari Total diperkiraan akan melintasi Tanjung Pandan, Belitung, Momen Gerhana Matahari merupakan momen yang ternilai jual untuk para wisatawan dan menjadi anugrah bagi Belitung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Bangka Belitung, K. A. Tajuddin Mengungkapkan, “Untuk menyiapkan adanya momen Gerhana Matahari, agen perjalanan dari San Francisco sudah memesan 100 kamar hotel serta membooking dari jauh-jauh hari ini”

Melihat antusiasme yang besar, beberapa persiapan mulai dilakukan. Selain promosi dan sosialisasi, mereka mempersiapkan infrastruktur.

Walaupun momen GMT hanya terjadi di Tanjung Pandan, kami harus berhasil menarik wisatawan untuk melanjutkan destinasi-destinasi wisata ke tempat lainnya. Itu berarti destinasi wisata lain juga harus dimudahkan aksesnya,”

Denga merencanakan Pembangunaan bandara internasional yang saat ini sudah selesai tinggal menunggu izin operasional, mudah-mudahan 2015 izin sudah didapat. Lalu persiapan kemudahan akses, penambahan restoran, hingga sedang melakukan pendekatan dengan investor untuk menambah lagi hotel berbintang.

Fenomena Gerhana Matahari Total merupakan momen langka yang akan datang di tahun 2015 ini untuk selanjutnya diperkirakan tidak akan terjadi sampai 40 tahun ke depan.