Pesawat Filipina Tergelincir Saat Ditumpangi Paus Fransiskus

Pesawat terbang  yang membawa para pejabat pemerintah Filipina serta  Paus Fransiskus lepas landas dalam cuaca buruk  dan tergelincir di landas pacu bandara Tacloban, Sabtu (17/1/2015).

Keadaan Hidung pesawat itu masuk dalam lumpur di bandara yang terletak di Filipina tengah, beruntung tak satu penumpangpun cedera. Ujar Francis Tolentino, pejabat senior Filipina yang berada di lokasi kejadian kepada stasiun radio DZMM.

“Saya melihat pesawat itu sedang melakukan taxi di landas pacu sebelum kemudian tergelincir,” ujar Tolentino.

Pesawat yang ditumpangi oleh penjabat pemerintah seperti Sekretaris eksekutif Presiden Benigno Aquino, Paquito Ochoa dan juru bicara pemerintah, Herminio Coloma, Serta rombongan pejabat senior pemerintah yang berangkat ke Tacloban untuk mendampingi kunjungan Paus Fransiskus yang mengunjungi korban selamat bencana terjangan topan Haiyan yang menewaskan lebih dari 7.300 orang pada 2013.

Kunjungan Paus Fransiskus di Tacloban  terpaksa dipersingkat karena kawasan diguyur hujan deras dan diterjang angin kencang akibat badai tropis Mekkhala, yang berjarak kurang dari 150 kilometer dari Tacloban tempat Paus menggelar misa.