Pertamina Turunkan Harga Elpiji 12 kg Sebesar Rp 3.600 per Tabung

Evaluasi terkait harga Elpiji 12 kg masih dibahas pemerintah dan Pertamina Pertamina dengan berencana menurunkan harga elpiji kemasan tabung 12 kg sebesar Rp 3.600 per tabung atau Rp 300 per kg.

“Kami mencermati penurunan harga BBM dan elpiji yang cukup drastis sekarang ini. Pada Jumat ini, kami akan umumkan harga baru BBM dan elpiji,” kata Sudirman di Jakarta, Rabu (14/1/2015)

PT Pertamina (Persero) belum bisa memastikan kapan harga gas elpiji 12 kg akan turun. Pasalnya Pertamina sendiri masih menunggu arahan pemerintah. Dengan kemungkinan evaluasi tersebut akan selesai bulan ini.

Saat ini pemerintah dan Pertamina masih melakukan evaluasi perhitungan harga elpiji 12 kg yang belum lama ini dinaikkan. Dengan arahan pemerintah untuk menurunkan harga elpiji lanyaran penurunan harga di pasar internasional. Dia menambahkan, penurunan Rp 300 per kg tersebut setara dengan keuntungan yang didapat pascakenaikan 2 Januari 2015.

Menteri ESDM Sudirman Said  mengatakan, Pemerintah akan mengumumkan harga bahan bakar minyak jenis premium dan solar serta elpiji yang baru pada Jumat (16/1/2015).