Jokowi Akan Umumkan Penurunan Harga BBM Siang Ini disaat Dilema Calon Kapolri

Saat ini telah menjadi gonjang-ganjing publik mengenai kontroversi calon Kapolri Komjen Budi Gunawan yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Akan tetapi siang ini Presiden Jokowi juga mengumumkan mengenai penurunan harga BBM bersubsidi jenis premium.

Pengumuman akan dilakukan di istana kepresidenan, Jumat (16/1/2014) siang ini setelah presiden menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri pagi tadi. “Jam 2 di istana, Pak Presiden nanti yang umumkan. Nanti tunggu jam 2,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno, Jumat ini.

Sementara itu, Menteri ESDM Sudirman Said mengtakan pihaknya tengah melakukan finalisasi terhadap persiapam pengumuman itu. “Hasilnya sedang difinalkan. Nanti kalau sudah ada kesimpulan akan menko dan presiden umumkan,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengungkapkan rencana pemerintah menurunkan harga BBM. Jokowi menyebutkan harga BBM nantinya diperkirakan akan berada di kisaran Rp 6.400-Rp 6.500.

“Ini ada berkat dari Allah, harga minyak turun sehingga kemarin Rp 8.500 turun jadi Rp 7.600. Sebetar lagi juga akan kita umumkan akan turun lagi kurang lebih bisa sampai Rp 6.400-Rp 6.500,” ucap Jokowi dalam acara Indonesia Outlook 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Jokowi tidak menyebutkan kapan harga premium akan kembali turun. Seusai acara, Jokowi hanya mengungkapkan bahwa harga minyak turun lebih cepat dari yang sebelumnya ditargetkan. “Ini masih dihitung, pasti turun,” kata dia.

Telah diketahui bersama bahwa Pemerintah telah menurunkan harga premium pada 1 Januari 2015 lalu yang dipatok sebesar Rp 7.600 per liter serta solar sebesar Rp 7.250 per liter. Harga kedua BBM tersebut ditetapkan pada Desember 2014, dengan patokan harga minyak dunia 60 dollar AS per barel. Namun kini harga minyak dunia sudah mencapai 45 dollar AS per barel.