Usai Magang Siswa SMK Bisa Merakit Pistol Jenis FN

Siswa sekolah menengah kejuruan di Kediri, Jawa Timur, ditangkap polisi karena merakit senjata api mirip pistol jenis FN dan menjualnya dengan harga 1 Juta. Dari penyidikan polisi diketahui tersangka RR berpengalaman merakit setelah magang dari bengkel pembuatan senapan.

Secara fisik bentuk senapan rakitan RR sekilas mirip dengan pistol jenis FN yang biasa dipakai oleh tentara. Panjangnya 20 sentimeter dengan warna khas hitam. Bahannya campuran dari besi, plastik, maupun kayu.

Untuk Senapan bikinan tersangka RR larasnya berbentuk tabung dengan per sebagai tenaga pendorongnya. Pelurunya menggunakan peluru senapan angin dengan ukuran yang cukup besar yaitu kaliber 5,5 milimeter. Lubang pelurunya berada di bagian atas tepatnya pada sisi tabung.

Setelah magang tersangka mulai membuat beberapa senapan di bengkel sederhana yang dioperasikan dirumahnya sendiri yang ada di Kecamatan Kayen Kidul. Barang-barang hasil produksinya itu kemudian dijual secara online.

Dengan produksi yang berlangsung selama 2 bulan dengan jangkauan pasar yang terus meluas pembelinya tidak hanya pembeli lokal namun juga pembeli asal Bali, Bogor, hingga Kalimantan.

Pihak polisi tidak melakukan penahanan mengingat latar belakangnya sebagai pelajar dan tidak ada catatan kriminalitas. Tersangka hanya menjalani wajib lapor pada hari Senin dan Kamis. Kasusnya terus berjalan dengan sangkaan pelanggaran Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.