Kapal Pencuri Ikan Terbesar di Indonesia akan Ditenggelamkan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama TNI-AL berhasil mengamankan kapal raksasa berbendera Panama, MV Hai Fa dengan kapasitas 4.306 gross tonage (GT) tersebut diamankan ketika merapat di Pelabuhan Wanam, Merauke, pada Sabtu (27/12/2014).

“MV Hai Fa adalah kapal tangkapan terbesar dengan kapasitas paling besar yang pernah ditangkap dalam sejarah”.Kapal MV Hai Fa diduga melakukan kegiatan perikanan tanpa  Surat Laik Operasi (SLO)  yang lengkap.

Dengan mengangkut 900.702 kilogram ikan campuran dan udang beku dikawal (diadhoc) menuju dermaga Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon yang berawakkan 23 ABK berkewarganegaraan Tiongkok.

Untuk keputusan Kapal akan di urus oleh  Presiden sepenuhnya dengan keputusan penenggelaman kapal MV Hai Fa  atau akan digunakan untuk Indonesia,Ujar Susi Mentri Perikanan.

Tetapi Susi memiliki pendapat terkait kapal besar tersebut. Menurut dia, kapal tersebut bisa saja dijadikan kapal angkut ikan bagi para nelayan di Indonesia

“Sayang juga kalau ditenggelamkan, bisa jadi kapal angkut nelayan. Tapi kalau kita mau menimbulkan efek jera, ya tenggelamkan,” kata susi.