Blackberry Akan Dibeli Oleh Samsung dengan Tawaran Rp 94,3 Triliun

Perusahaan Raksasa berbasis teknologi dariKorea Selatan, Samsung, dikabarkan telah melakukan negosiasi untuk membeli BlackBerry. Dalam hal ini, Samsung telah mempersiapkan dana sebesar 7,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 94,3 triliun untuk membeli produsen smartphone asal Kanada tersebut.

Sumber dari laman Reuters menyebutkan bahwa Samsung sudah mengajukan tawaran senilai 13,25 dollar AS hingga 15,49 dollar AS per lembar saham BlackBerry. Nilai yang diajukan ini lebih tinggi sekitar 38 persen hingga 60 persen dari harga saham BlackBerry saat ini.

Eksekutif dari dua perusahaan itu juga dikabarkan sudah melakukan pertemuan pekan lalu untuk mendiskusikan kemungkinan terjadinya kesepakatan.

Saham BlackBerry langsung melonjak hingga 30 persen dalam waktu singkat, saat perdagangan sore di bursa saham New York.

Menurut dokumen yang didapat Reuters, tawaran ini diprediksi akan menaikkan nilai perusahaan BlackBerry menjadi 6 miliar dollar AS hingga 7,5 miliar dollar AS. Nilai ini didapat dengan asumsi nilai konversi sebesar 1,25 miliar dollar AS dari convertible debt.

Di November 2014, BlackBerry mengumumkan kerja sama keamanan tingkat tinggi dengan Samsung. Kerja sama ini akan memadukan platform keamanan milik BlackBerry dengan platform keamanan yang dimiliki Samsung.

Jika hal ini benar-benar terjadi maka diyakini produk yang disahilkan akan menjadi produk unggulan dengan sistem security yang luar biasa. Sayangnya, hingga saat ini kedua perusahaan itu belum memberikan komentar terkait rencana ini.