KPK Temukan Dua Alat Bukti untuk Menjerat Budi Gunawan

Komisaris Jenderal Budi Gunawan  ditetapkan sebagai tersangka Kasus rekening jumbo oleh  Komisi Pemberantasan Korupsi. KPK menduga ada transaksi mencurigakan atau tidak wajar yang dilakukan Budi Gunawan.

“Berdasarkan penyelidikan yang cukup lama sejak Juli 2014, akhirnya KPK menemukan pidana dan menemukan lebih dari dua alat bukti untuk meningkatkan penyelidikan menjadi penyidikan,”

Komisaris Jenderal Budi Gunawan merupakan calon tunggal kepala Kepolisian RI yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo.  Dengan ditetapkannya sebagai tersangka oleh KPK, Presiden Jokowi sangat terkejut.

Ketua KPK Abraham Samad di Gedung KPK, Jakarta, mengatakan .”Kita ingin sampaikan progress report kasus transaksi mencurigakan atau tidak wajar dari pejabat negara. Perkara tersebut naik ke tahap penyidikan dengan tersangka Komjen BG dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji,” Selasa (13/1/2015)

Dengan melanggar Pasal 12 huruf a atau b, Pasal 5 ayat 2, Pasal 11 atau 12 B Undang-undang Tindak Pidana Korupsi. calon tunggal kepala Kepolisian RI sudah ditetapkan sebagai tersangka. Pencalonan Komjen Budi Gunawan untuk menjadi  pimpinan di korps Bhayangkara pun terancam gagal.