Cegah Perokok Usia Remaja, Harga Rokok Akan Menjadi Rp60.000 Per Bungkus

Hal menghebohkan terjadi di Indonesia, kali ini mengenai harga rokok di Tanah Air. Menurut Lembaga swadaya masyarakat Lentera Anak Indonesia menilai harga rokok saat ini terlalu murah dan menyarankan agar dinaikkan di atas Rp60.000 per bungkus untuk membatasi akses anak dan remaja merokok.

“Harga rokok saat ini jauh lebih kecil dari uang jajan anak, kami menyarankan di jual di atas Rp60 ribu per bungkus dan tidak boleh dijual batangan,” kata Direktur Eksekutif Lentera Anak Indonesia Herry Chariansyah di Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Jumlah anak perokok terus bertambah dari tahun ke tahun disebabkan mudahnya membeli rokok. Berdasarkan data terbaru pada 2013, 45 persen remaja berusia 13-19 adalah perokok, sementara data Global Youth Tobacco Survey menyebutkan Indonesia merupakan negara dengan jumlah remaja perokok terbesar di Asia. Ini merupakan hal yang tidak mengejutkan lagi, karena memang banyak anak – anak disekitar kita yang masih kecil sudah merokok mudah dijumpai.

“Faktor utama yang mendorong anak dan remaja menjadi perokok adalah lingkungan di mana mereka menyaksikan dalam keseharian begitu banyak orang yang merokok, dan merokok dipandang sebagai hal biasa,” lanjut Herry.

Tak hanya itu, perusahaan rokok di Indonesia melakukan strategi pemasaran dengan menyasar para remaja untuk menjadi konsumen rokok, sehingga mendorong mereka menjadi perokok.

“Oleh sebab itu jika pemerintah tidak ingin ke depan semua anak Indonesia menjadi perokok salah satu solusi adalah penaikan harga rokok serta melarang iklan dan menjualnya hanya pada tempat terbatas,” tutur Direktur Eksekutif LSM ini.

Begitu banyak masyarakat yang setuju dengan pendapat Direktur Eksekutif Lentera Anak Indonesia tersebut. Karena memang hal ini terjadi di sekitar kita. Dan inilah solusi untuk permasalahan semakin maraknya perokok usia remaja.

Namun bagi mereka yang sudah merokok, mungkin hal ini akan memberatkan, tak hanya itu, perusahaan rokok pun juga pasti tidak akan setuju. Untuk menaikkan harga rokok ini sangat sulit dilakukan karena masih banyak yang harus dipertimbangkan.