Setengah juta orang hidup dengan HIV/AIDS di Cina

Negara yang dijuluki sebagai  negeri panda banyak yang mengidap HIV, dengan mencapai jumlah yang fantastis yaitu setengah juta. Dengan banyaknya HIV/AIDS di Cina banyak yang harus dilakukan mencegah infeksi dan membantu Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) hidup lebih baik.

Komisi Perencanaan Keluarga dan Kesehatan Nasional Cina melaporkan akhir Oktober lalu, total orang yang didiagnosa HIV/AIDS yaitu 497 ribu orang sejak kasus pertama pada 1985. Kenaikan signifikan terjadi pada September 2013 dengan jumlah 434 ribu orang.

Dengan Banyaknya orang yang terkena HIV/AIDS Seorang gadis cilik China bernama Fujian berusia lima tahun tertular juga oleh HIV melalui transfusi darah, lapor media pemerintah, Senin (12/1/2015).

 HIV/AIDS merupakan penyakit yang telah lama membingungkan negara cina, Menurut kantor berita resmi Xinhua, gadis itu, dipanggil Maomao, terinfeksi dalam sebuah operasi untuk penyakit jantung bawaan tahun 2010 di provinsi Fujian.

Terkait kasus  tersebut  sebuah penyelidikan menemukan bahwa “rumah sakit maupun bank darah tidak melanggar hukum apapun” karena pendonor sedang berada pada window periode, lapor Xinhua, Minggu.

Pengamat Tie Yonggong menulis di Beijing Times bahwa “anak yang terinfeksi AIDS karena transfusi darah itu bukan hanya tragedi keluarga tersebut, Hal itu merupakan risiko sistematis bagi semua masyaraka Cina.