Ekor Pesawat AirAsia QZ8501Berhasil di Angkat

Ekor pesawat AirAsia QZ8501 akhirnya berhasil diangkat oleh Tim penyelam gabungan TNI Angkatan Laut dari dasar laut, Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Sabtu (10/1/2015).

Dengan Rencana menggunakan Balon, akhinya diterapkan juga untuk mengangkat ekor pesawat. Banyaknya tahapan yang harus dilakukan hingga kondisi alam yang tidak mendukung membuat proses pengangkatan memakan waktu cukup lama. Balon mulai mengapung sekitar pukul 11.50 WIB untuk  Ekor pesawat yang berwarna merah tua juga sesekali terlihat diantara ombak laut.

Untuk Proses pengakatan Tim penyelam harus melakukan pengikatan atau belting ke ekor pesawat.Pengangkatan ini dilakukan salah satunya agar pencarian black box atau kotak hitam yang berada di bagian ekor pesawat menjadi lebih mudah.

Walaupun  black box belum bisa ditemukan karena jarak pandang penyelam yang pendek dan gelombang laut yang kencang. Tim Penyelam harus melakukan pengangkatan ekor pesawat dengan kemungkinan black box  berada dibagian belakang ekor pesawat. Black box diperkiraakan sudah terpisah dengan ekor pesawat  sejauh 1,7 mil laut.

Selanjutnya untuk korban tetap akan terus menjadi prioritas  sampai akhir operasi ini, Dengan begini Tim Penyelam akan tetap mencari korban dan badan pesawat yang masih di dalam dasar laut.