Rusia Melarang Waria dan Voyeurisme untuk Menyetir

Aturan di Negara Rusia menerapkan peraturan Surat Izin Mengemudi yang mengundang kontroversi. Untuk waria merupakan kaum yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan SIM. Mereka yang suka ngintip orang (Voyeurisme) mandi juga dilarang punya SIM

Pembatasan SIM juga dilakukan terhadap orang yang mengalami gangguan mental seperti fetisisme (dorongan seksual pada benda yang dimiliki lawan jenis), eksibisionis (suka memamerkan bagian tubuh), dan voyeurisme (suka ngintip).

Rusia sudah terlalu banyak kecelakaan.Sehingga Pemerinta Rusia membuatĀ  aturan baru yang nyeleneh ini mengundang protes dari para penggiat HAM. Valery Evtushenko dari Asosiasi Pskiater Rusia mengatakan peraturan itu justru akan membuat orang sungkan mencari bantuan psikiater karena khawatir dilarang mengemudi.

Mikhail Strakhov, ahli psikiater Rusia, dia mengatakan bahwa saat ini belum terdapat definisi jelas mengenai ‘gangguan kepribadian’. Apalagi beberapa ‘gangguan’ tidak akan mempengaruhi kemampuan orang untuk menyetir dengan baik.

Rusia akan memperketat lalu lintas untuk menjaga keslamatan semua pengemudi. Dengan begini semua pengendara di jalan akan terselamat dari kecelakaan dan mengurangi angka kecelakaan.