Tiga Jenis Vitamin Akan Jadi Racun jika Dikonsumsi Berlebihan

Vitamin merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi dalam jumlah sedikit. sedangkan orang mengkonsumsi vitamin atau suplemen untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jika mengkonsumsi vitamin dalam jumlah berlebihan bisa menjadi racun dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Menurut Marissa Puleo, Ahli Diet di Pennsylvania, mengatakan bahwa salah satu kebutuhan asupan vitamin perlu diwaspadai. “Terlalu banyak vitamin dan suplemen memiliki efek negatif.. Vitamin bisa beracun dan menyebabkan efek samping yang merugikan,”

Apalagi wanita sering yang mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh, jika mengkonsumis berlebihan bisa berbahaya untuk tubuh, Untuk jenis vitamin apa saja yang berbahaya seperti dibawah ini.

Vitamin C  Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan kehilangan gigi, jerawat, kelelahan, dan bahkan kematian. Minum Vitamin C untuk membantu melawan flu juga termasuk yang dianjurkan oleh dokter.Untuk yang ingin mendapatkan vitamin C  bisa  diperoleh secara alami dalam makanan. seperti Buah jeruk, berry, dan sayuran seperti brokoli dan kubis mengandung banyak Vitamin C. Selain itu, banyak makanan seperti sereal dan minuman yang benar-benar diperkaya Vitamin C sehingga Anda mungkin sudah mengonsumsi jumlah yang disarankan tanpa disadari.

Vitamin C ini bisa membunuh Anda.Utnuk takaran  mengkonsumsi lebih dari 1.000mg bisa menyebabkan diare.
Sekitar 2.000mg Vitamin C dianggap batasnya. Bagi mereka yang mengonsumsi sejumlah ini dalam sehari, akan mengalami gejala seperti muntah, mulas, sakit kepala, insomnia, dan batu ginjal.

Zat Besi Zat besi sangatlah mutlak dibutuhkan tubuh. Meski mutlak dibutuhkan, kelebihan zat besi di dalam tubuh ternyata juga berbahaya.Sedangkan orang yang  kekurangan zat besi memiliki ciri terutama pada wanita, adalah mudah lelah dan merasa lemah. Efek lebih jauhnya adalah mengalami anemia

Berlebihan mengonsumsi zat besi dari yang disarankan dari waktu ke waktu bisa menyebabkan kulit berubah warna menjadi cokelat, pembesaran hati atau limpa, sakit perut, gagal jantung kongestif, irama jantung yang tak teratur, dan diabetes.

Batas asupan zat besi sekitar 20mg unsur besi per kilogram berat badan. Setiap kelebihan bisa menyebabkan sakit perut, muntah terus menerus, napas cepat, dan koma.

Vitamin A vitamin A jika dikonsumsi dengan dosis tinggi ternyata juga bisa menyebabkan efek samping mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, kelelahan, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, koordinasi otot yang buruk, nyeri tulang, rambut rontok, menstruasi tak teratur, osteoporosis, dan kerusakan hati sementara atau permanen. Dosis tinggi Vitamin A juga meningkatkan risiko kanker paru-paru pada perokok.

Jumlah yang berlebihan tidak terbuang dalam urine melainkan terbangun dalam hati. Anda tak mungkin terbunuh dengan mengonsumsi Vitamin A, kecuali makan hati beruang kutub. Menurut San Francisco Gate, 3.000mg Vitamin A sehari menjadi batasnya dan lebih dari jumlah itu memiliki efek yang tak menyenangkan. Konsumsi Vitamin A berlebihan bisa menyebabkan kulit terkelupas dan bisa koma.