Intel Memperkenalkan Komputer Mini Terbaru Sebesar Kancing Baju

Beberapa waktu yang lalu platform Edison telah berhasil memperkenalkan komputer mini yang hanya sebesar perangko, Kini perusahaan processor Intel berhasil memperkecil ukuran komputer dengan desain lebih kecil lagi.

“Sebagai insinyur, kami tahu bahwa kami bisa lebih baik lagi. Saya katakan pada Anda bahwa kami telah berhasil,” ujar CEO Intel Brian Krzanich ketika berbicara di panggung CES 2015 di Las Vegas, AS, seperti dikutip lhaiyo.com dari NBC News, Jumat (9/1/2015).

Saat menunjukkan barang ini Krzanich meraih sesuatu dari dalam kantung jas yang dikenakan, kemudian menunjukkannya pada audience yang hadir. Benda tersebut berbentuk bundar ukurannya hanya sebesar kancing baju.

Itulah Curie, sebuah modul komputer terbaru dari Intel yang dikembangkan untuk menyambut pasaran Internet of Things (IoT) dan wearable device.

Nama Curie  diambil dari nama ilmuwan wanita Marie Curie yang ditujukan untuk perangkat wearable device yang akan mereka kerjakan. peralatan ini telah dibekali dengan accelerometer, gyroscope, dan pengenalan gestur, ada juga fitur koneksi Bluetooth LE. Alat ini bisa ditanamkan dalam alat-alat seperti kancing baju, tas, kacamata, atau bahkan cincin.

Curie dibekali dengan senjata chip SoC Quark SE yang memang didesain khusus untuk perangkat wearable device dan memilki daya tahan baterai ekstra lama. Informasi yang dikumpulkan oleh sensornya diproses oleh open source Viper.

Perusahaan Intel tidak membuat sendiri wearable device berbasis Curie ini. Perangkat komputer tersebut akan ditawarkan ke perusahaan-perusahaan seperti Oakley dan Nike. Perangkat super handal yang menggunakan teknologi Curie diperkirakan akan mulai diperkenalkan ke pasaran pada tahun 2016 yang akan datang.