Ekor Pesawat AirAsia QZ850Q1 Berhasil Ditemukan Tim Penyelam

Tim penyelam gabungan TNI AL telah menemukan ekor pesawat Air Asia QZ 8501. Tim penyelam melakuka pencarian bangkai pesawat cuma memakan waktu singkat yaitu 17 Menit dan menemukan ekor Pesawat AirAsia di  Selat Karimata, Pangkalan Bun Kabupaten Waringan Barat, Kalimantan Tengah.

Dua penyelaman andalan TNI AL mulai menyelam pada pukul 10.20 WIB, Dua penyelaman tersebut  bernama Serma Boflen Sirait dan Serka Marinir Oot Sudarma dari TNI AL. Dua penyelaman ini lantas terjun untuk proses pencarian bangkai pesawat sesuai dengan petunjuk dan titik koordinat yang telah di tandai sebelumnya. Yakni pada titik koordinat 03.36.31 Lintang Selatan dan 109.41.66 Bujur Timur.

Tak lama kemudian penyelam menemukan bongkahan besar yang diyakini sebagai ekor pesawat Air Asia QZ 8501, Kemudian dipotret dengan kamera diving serta diberi tanda berupa tali guna memudahkan penyelam lain untuk melanjutkan proses evakuasi.

Penemuan ini dianggap penting, karena black box dipasang pada bagian ekor. Jika bagian ini sudah ditemukan, dipastikan kemungkinan besar black box bisa ditemukan. Atau posisi blackbox jatuh tidak jauh dari ekor pesawat.

Untuk Rencana selanjutnya pengangkatan akan menggunakan floating bag atau sebuah kantung udara yang membantu mengangkat material yang tenggelam dari dasar laut. Namun jika opsi ini tak bisa dilakukan, maka TNI AL akan berkoordinasi dengan Basarnas untuk mencari solusi yang tepat.