Sanksi PNS yang Bolos di Hari Pertama Masuk, pada Libur Awal Tahun Baru

Libur Natal dan Tahun Baru membuat PNS di kota Bekasi tidak masuk di Hari pertama kerja Senin (5/1/2015/) ,  Disaat Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengadakan Apel Pagi   Mengatakan ” Sekitar 120-an orang yang tidak hadir dan  Kayaknya, anaknya yang itu-itu juga”.

Maka dari itu saya akan beri sanksi bagi PNS yang membolos  di hari pertama masuk saat libur awal tahun Baru yang berupa penangguhan kenaikan jabatan, pemotongan jabatan, dan pemindahan tugas atau mutasi. “Yang pasti, mereka kita SP,” ujar Rahmat.

Setelah dihitung 163 PNS di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi tidak masuk bekerja. Yaitu 13 orang tidak masuk karena sakit, 12 orang masih cuti, dan 9 orang sedang dinas ke luar kota, sedangkan 129 orang lainnya tidak masuk tanpa keterangan.

Dengan begitu Menurut Peraturan Pemerintah No 53 tentang Kedisiplinan PNS dan Peraturan Wali Kota No 11 tentang Kode Etik dan Perilaku Aparatur, akan menindak tegas para PNS yang bolos awal tahun. Dengan begini para PNS agar mengetahui untuk tanggung jawab bekerja yang sesuai dengan jabatan masing-masing. Bukan berarti di awal masuk setelah liburan tidak ada kerjaan dan tidak masuk, akan merugikan negara.