Tragedi AirAsia Membuat Hotman Paris Beri Bantuan Hukum Pada Korban

Kabar tragedi jatuhnya pesawat AirAsia telah mendunia. Banyak nyawa yang terenggut dan belum diketemukan. Isak tangis pun tidak terhindar baik para keluarga korban maupun masyarakat.

Tidak lain halnya dengan pengacara kondang, Dr. Hotman Paris Hutapea, S.H., M.H yang membuka diri untuk memberi bantuan hukum gratis bagi keluarga korban Airasia.

Hotman dan banyak warga Amerika geram setelah mengetahui pesawat AirAsia yang kecelakaan tidak punya izin terbang.

“Teman-teman di Amerika pada protes kepada saya, kenapa sebagai lawyer tidak mengambil tindakan hukum untuk kepentingan keluarga korban dan publik. Mereka meminta saya untuk secara sukarela dan gratis mau menggugat ganti rugi maksimum “full damages” terhadap perusahaan AirAsia dan direksinya dan terhadap oknum pejabat Indonesia yang terlibat dalam penerbangan illegal tersebut,” kata Hotman.

Saat iniĀ Hotman sedang berlibur di Amerika dan akan segera pulang memberikan bantuan hukum kepada keluarga korban secara gratis.

“Apabila benar AirAsia tidak ada izin terbang, maka batasan limitasi jumlah tanggung jawab ganti rugi kepada penumpang sebagaimana diatur undang-undang penerbangan menjadi tidak berlaku. Sebab bukan lagi sekadar kecelakaan, bukan kelalaian akan tetapi kesengajaan dan merupakan perbuatan melawan hukum “tort” sesuai pasal 1365 KUHP perdata. Para keluarga korban bisa menghubungi kantor saya di 021 252 2460,” kata Pengacara kondang tersebut.

Meski masih terus dalam pencarian barang serta para korban bencana, pihak AirAsia harus mau bertanggungjawab atas tragedi ini kepada para korban dan apabila benar terbukti melakukan pelanggaran dalam penerbangan harus diproses hukum sesuai undang-undang yang berlaku dan secara adil.